11 Tips Sukses Berwirausaha

Kamu yang saat ini sedang membangun kerajaan bisnis dan mulai dari kecil, akan sangat mudah dalam menemukan Ide-ide bisnis disekitar kamu. Namun lagi-lagi ide itu tapat dicari dan kamu dapat melihat dari berbagai artikel yang perbah diulas atursaja.com. (Referensi : 17 Ide Bisnis Online Terbaik yang bisa dimulai sekarang) Yang sulit adalah ketika kita harus memonitor, menjalankan, serta konsisten atas bisnis yang kita pilih agar dapat sukses dalam berwirausaha.

Yuk, cek 11 tips sukses ini buat kamu yang sedang memulai usaha kecil. Hal-hal berikut akan lebih untuk membuat kamu fokus dan terkontrol dalam berwirausaha menjalankan bisnis.

1.Bisnis harus realistis

Ketika kamumembuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling terlebih dahulu dan cari contoh sukses dari model bisnis yang dikehendaki, lalu pelajari. Bila tidak dapat menemukan, entah kamu yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata. hehe

2. Cari partner usaha & perkecil risiko!

Berapa banyak bisnis yang gagal karena minimnya pengetahuan dan terbatasnya sumber dana, yang akhirnya bukan menuntunmu untuk sukses berwirausaha tapi malah merugi karena pinjaman sana sini. Tipsnya adalah carilah partner! Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Anda tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang. Seorang partner akan melengkapi kekurangan kamu dan dapat bersama maju untuk membesarkan usaha dengan pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang dimilik.

3. Perbudak diri sendiri.

Jika kamu gak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk buat kamu nih kayanya. Pada awalnya, tentu kita semua pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan kita pertama kali adalah diri kita sendiri.

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

4. Hargai waktu.

Hitung dan Beri nilai uang pada waktu kamu selama menjalankan usaha, misalnya Rp20 ribu perjam. Ini akan membantu saat kita dalam mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan kamu membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi. Ketahui Cara terbaik mengatur keuangan usaha agar tidak bocor untuk membantu melengkapi manajemen waktu dan uang kamu dalam berwirausaha

5. Pilih karyawan yang tepat

Tanpa memedulikan ukuran usaha, pada akhirnya kamu tentunya akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Anda memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

6. Jual kelebihannya, bukan harga.

Ketika kita pertama kali memulai usaha, sudah sewajarnya frustasi memasarkannya. Tapi, jika kamu bersaing pada harga, pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk kamu lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik dan berbeda dengan pesaing

Photo by Public Domain Pictures on Pexels.com

7. Hitung angka modal dan keuangan.

Mengetahui berapa banyak uang yang Kamu butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun kamu akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang Anda butuhkan setiap hari. Jika tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang. Sembari mengumpulkan pundi-pundi usaha, harus kamu investasikan juga, seperti yang pernah dibahas AturSaja.com Daftar 10 Investasi terbaik yang harus kamu ambil
dan ketahui juga 5 hal penting sebelum mulai berinvestasi

8. Manfaatkan teknologi terbaru untuk usaha.

Sudah bukan rahasia lagi, tips sukses wirausaha salah satunya adalah teknologi. Teknologi anyar seperti aplikasi dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat murah dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Manfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran.

9. Perlakukan Partner dan vendor dengan baik.

Perlakukan vendor dan suplier kamu sebaik mungkin, seperti halnya memperlakukan para pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesananmu lho, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

10. Jadilah yang terbaik.

Salah satu tips sukses wirausaha, Kamu tidak boleh setengah-setengah. Setiap hal yang kamu lakukan untuk klien harus lah yang terbaik. Apapun yang dibuat dan dijual, haruslah yang bersaing dipasar dan dibandingkan kompetitor kita. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar.

11. Kelola Energi

Kita selalu kenal yang namanya time management, crisis management, money management dalam berwirausaha. Namun jangan lupa, kamu yang menjalani juga harus menerapkan yang namanya Energy management dan Stress management. Ayang artinya jangan biarkan karena berfokus membesarkan usaha, kamu jadi lupa akan pentingnya kesehatan. Jika energi tidak dikelola dengan baik, inovasi – kepercayaan diri – kesan yang diberikan ke semua entitas usaha, semuanya akan meredup. Jadi, Jaga selalu agar kamu juga tetap prima! Barangkali kamu juga harus mulai melindungi diri dengan asuransi agar bisnis dan kamu sendiri bebas dari risiko. Ketahui : 5 Tips untuk membeli asuransi yang tepat dan Kapan sebaiknya saya mulai beli asuransi ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s