6 Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

Asuransi merupakan istilah dari kata insurace yang artinya adalah pertanggungan, lebih jelasnya adalah perjanjian yang dilakukan antara orang (nasabah) dengan perusahaan asuransi (penanggung) dengan menyepakati pembayaran berupa uang (premi).

Tentunya dari ketiga hal tersebut tentu disambut baik oleh beberapa perusahaan layanan asuransi, di mana beberapa masing-masing perusahaan juga berlomba-lomba untuk selalu berinovasi hingga memunculkan beragam ide dan tawaran tentang produk asuransi yang menjadi minat masyarakat.

Tidak hanya dilakukan untuk bisa memenuhi segala kebutuhan kepada pelanggan saja, akan tetapi agar bisa memberikan banyak pilihan terhadapat apa yang bisa disesuaikan dengan berbagai kepentingan dan juga untuk keperluan nasabahnya. Jika kamu sendiri saat ini masih bingung memerlukan asuransi atau tidak, kamu dapat cek artikel yang pernah dibahas Atursaja.com tentang Waktu yang tepat untuk membeli asuransi.

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

Banyaknya beragam jenis perusahaan penyedia jasa asuransi yang bisa kamu jadikan untuk sebagai pilihan. Namun, karena begitu banyaknya penyedia jasa tersebut tentu saja membuat kamu harus benar-benar jeli saat memilih layanan asuransi yang nantinya akan digunakan.

Sebelum kamu benar-benar memutuskan untuk menggunakan jasa asuransi, maka hal pertama yang wajib dipahami adalah mengetahui segala kebijakan dan juga aturan yang ditetapkan di dalam polis perusahaan asuransi tersebut.

Dengan mengetahui hak tersebut kamu akan lebih meminimalisir dari berbagai macam bentuk kerugian yang bisa saja timbul karena kurangnya pemahaman mengenai perjanjian isi polis dari perusahaan asuransi.

Setiap polis yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi akan memiliki berbagai tawaran yang berbeda-beda dan juga memiliki keunggulan setiap masing-masingnya. Hal inilah yang perlu kamu cermat sebelum bertindak untuk mengambil keputusan, dimana tidak sedikit terjadi kasus dari pihak nasabah yang merasa telah dirugikan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara memilih asuransi yang tepat agar bisa meminimalisir kerugian sebagai nasabah dari perusahaan asuransi.

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

1. Memahami Jenis Produk Asuransi

Hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum memilih prosuk asuransi adalah memahami jenis produknya. Pada dasarnya terdapat dua jenis produk asuransi yang sering kali ditawarkan kepada nasabah oleh berbagai perusahaan asuransi kesehatan.

Jenis pertama adalah jenis produk hospital benefit yang artinya pihak dari asuransi mampu atau sanggup untuk memberikan pergantian biaya yang dikeluarkan oleh nasabah dengan lebih terperinci, mulai dari berbagai macam jenis mengenai pembiayaan yang telah dikeluarkan sebelumnya oleh nasabah untuk berobat pada beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama.

Yang kedua adalah hospital cash plan merupakan jenis sebuah jenis produk asuransi yang  mampu memberikan sebuah pergantian pada jumlah biaya dengan angka nominal tertentu, sesuai dengan pada perjanjian pada awal kontrak.

Sebagai contoh, ketika nasabah malakukan rawat inap dirumah sakit maka akan di berikan uang pergantian sebesar Rp. 500 ribu perharinya tanpa mempertimbangkan berapa nilai yang sesungguhnya biaya yang dikeluarkan pada waktu satu hari di rumah sakit oleh nasabah.

Sistem klaim hospital cash adalah reimbursement, artinya seorang nasabah akan membayar biaya pengobatan terlebih dahulu, kemudian baru akan diganti oleh perusahaan jasa asuransi namun setelah nasabah mengisi form pengajuan klaim tersebut.

2. Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal yang paling utama yang perlu kamu lakukan sebelum memilih sebuah asuransi adalah dengan  memahami terlebih dahulu dengan jelas tentang kebutuhan asuransi yang akan digunakan. Karena jika kamu telah memahami kebutuhan terlebih dahulu maka akan sangat membantu kamu untuk bisa menemukan dan mudah untuk memilih jasa asuransi yang tepat untuk kamu gunakan.

Bahkan kamu akan bisa mendapatkan sebuah manfaat yang sangat maksimal dari jasa penggunaan asuransi tersebut. Sesuaikan jasa asuransi tersebut dengan setiap kebutuhan kamu dan juga untuk beberapa anggota keluarga yang lainnya, kamu juga harus mencermati dari setiap layanan yang nantinya akan diberikan oleh beberapa perusahaan asuransi secara lebih detail.

Photo by Engin Akyurt on Pexels.com

3. Memilih Premi Yang Sesuai

Adanya penawaran premi yang terjangkau di kantong dan tanggungan yang lengkap merupakan sebuah asuransi yang sangat diidam-idaman oleh banyak nasabah asuransi.

Akan tetapi, hal yang harus perlu kamu ketahui adalah dengan semakin banyak dan lengkapnya pertanggungan yang diberikan untuk kamu oleh sebuah perusahaan asuransi, maka akan semakin tinggi juga premi yang harus dibayarkan.

Nah, apabila kamu ingin memperiapkan dana masa depan untuk kesehatan, maka kamu sebaiknya memilih asuransi yang tidak begitu menguras keuangan kamu. Jangan sampai terjadi untuk mengabaikan kesehatan pada hari ini karena hanya untuk kebutuhan pokok yang tidak tercukupi karena digunakan hanya untuk membayar premi.

Sebab itu, pililah asuransi dengan nilai premi yang sesuai dengan kemampuan keuangan yang kamu sanggupi. Sebagai contoh,dalah kamu akan membayar premi jasa asuransi kesehatan sebesar 5% dari setiap gaji yang kamu miliki setiap bulannya.

4. Membandingkan Beberapa Penyedia Jasa Asuransi

Dengan semakin banyaknya penyedia jasa perusahaan asuransi yang masing-masing perusahaan menawarkan berbagai jenis produk dan juga beberapa manfaat untuk perawatan kesehatan. Hal ini seharusnya bisa membuat kamu untuk memiliki banyak pilihan.

Jangan cepat tergoda dengan tawaran oleh satu perusahaan jasa asuransi saja. Sebaiknya kamu juga terus mencari berbagai informasi tentang perusahaan jasa penyedia asuransi yang lainnya dan dengan begitu kamu bisa membandingkan tentang produk asuransi yang bmereka tawarkan.

Adapun mengenai berapa poin penting yang harus kamu perhatikan saat mencoba membandingkan sebuah penawaran produk asurasi antara lain yaitu premi bulanan, jenis perawatan kesehatan sistem klaim, provider atau tentang rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi, dan juga melihat manfaat lainnya yang ditawarkan.

Photo by rawpixel.com on Pexels.com

5. Mengetahui Tentang Rumah Sakit Yang Bekerja Sama

Umumnya kebanyakan perusahaan jasa asuransi sudah bekerja sama dengan beberapa instansi rumah sakit sesuai dengan yang dipilihnya, dengan semakin banyak mengenai jumlah rumah sakit yang bekerja sama dengan mereka, maka kamu akan semakin mudah untuk bisa mengaksesnya.

Dari hal tersebut maka kamu tidak akan begitu kesulitan saat ingin segera untuk mendapatkan sebuah layanan kesehatan yang pada saat itu juga kamu butuhkan.

Pastikan juga kamu memilih jasa asuransi yang memiliki jaringan luas dan jaringan kerjasama dengan banyak instansi rumah sakit, terutama bagi kamu yang memilih menggunakan sistem cashless.

Karena sistem cashless hanya berlaku di rumah sakit yang sebelumnya memang telah memiliki  perjanjian atau kerjasama dengan sebuah perusahaan asuransi yang kamu gunakan.

6. Memilih asuransi dengan jenis kesehatan murni

Apabila kamu membutuhkan manfaat asuransi hanya untuk sebuah fasilitas kesehatan yang lengkap, akan tetapi anggaran yang kamumiliki sangat terbatas, maka memiliki asuransi kesehatan murni yang bisa berdiri sendiri merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Karena nilai premi asuransi kesehatan murni umumnya memiliki nominal yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan asuransi plus investasi. Alasannya karena kamu akan mendapatkan premi yang murah ini karena dana premi asuransi hanya digunakan untuk kesehatan murni saja, dan tidak akan digunakan untuk investasi lainnya. Parallel dengan ini, kamu juga harus menerapkan Tips mempersiapkan dana pensiun yang tepat agar memiliki kantung dana tambahan dihari tua nanti

Di Indonesia sendiri perkembangan minat masyarakat akan menggunakan jasa asuransi semakin tahun semakin menunjukkan perkembangan yang cukup cepat. Hal tersebut karena munculnya kesadaran diri dari masyarakat akan pentingnya sebuah perlindungan terhadap kondisi jiwa, kesehatan hingga aset berharga yang dimiliki. Semoga dengan artikel ini, kamu jadi tidak bingung lagi yah memilih asuransi yang tepat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s