Tips Kelola Gaji Bulanan Agar Tidak Bocor

Enaknya jadi karyawan dan professional adalah sudah pasti setiap bulan atau periode tertentu akan menerima gaji bulanan dimana penghasilan tetap tersebut digunakan untuk kebutuhan dasar dan keinginan terpendam. Gaji dapat menjadi kapal yang akan mengantarkan kita semua ke impian dan tujuan terbesar kita, atau bisa juga karam ditengah hiruk pikuknya keinginan, kebiasaan dan gengsi-gengsi. Jadi harus bagaimana ? Kita sebagai Nahkodanya , bebas memilih mau kita gunakan untuk apa dan bagaimana mengelola gaji bulanan tersebut.

AturSaja.com telah melakukan penelitian dan survey dari mereka-mereka yang terpercaya telah mampu mengelola Gaji Bulanan mereka, baik professional, karyawan, entrepreneur, freelancer. Agar pengelolaan bulanan untuk penghasilan atau gaji kamu dapat efektif untuk memenuhi kebutuhan dasar kamu sekaligus tetap bisa memenuhi keinginan-keinginan secara terencana.

  1. Dana Darurat

Darurat disini bukan berarti saat kamu sakit saja, atau kena rampok, tapi juga insiden-insiden kecil misalnya ketika handphone hilang atau rusak maka untuk menunjang produktifitas kamu, dana darurat tersebut dapat kamu gunakan. Standar umumnya adalah jika kamu single dan belum ada tanggungan maka dana darurat yang harus kamu siapkan adalah 3-6X Gaji bulanan, sedangkan jika telah menikah dan memiliki tanggungan maka 6-9x Gaji bulanan. Jadi yang belum memiliki dana darurat, segeralah dicicil untuk ditabung bulanan. Kalau masih bingung, ayo pelajari Tahap mempersiapkan tabungan untuk pensiun/dana darurat dan juga memahami  Hal yang harus disiapkan sebelum mulai menabung / Investasi

  1. Investasi secara autodebet

Saat gaji masuk, usahakan untuk segera menabung. Konsepnya adalah kamu gak akan bisa pakai uang yang sudah menjadi kewajiban kamu untuk ditabung. Cara mudahnya adalah dengan mengatur mekanisme autodebet / pendebitan otomatis di rekening penggajian pada tanggal gaji bulanan kamu masuk. Jika kamu freelancer, entrepreneur, professional, mau dipilih secara mingguan juga bisa. Dengan tersistem seperti ini, maka kamu tidak perlu repot melakukan transfer dana secara manual. Investasi pun semakin lancar! Kalau kamu masih bingung mau Investasi apa, cek artikel 10 Investasi terbaik yang sudah disajikan oleh AturSaja.com.

  1. Pisahkan kebutuhan & Keinginan

Ingat pelajaran SD yang dulu kita dapatkan ? Dimana kita harus bisa membedakan kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier kita. Hal ini bukan sekedar jargon dan istilah, tapi dalam pengelolaan gaji kamu, kamu harus dapat memisahkan kantung-kantung atau budget untuk kebutuhan (Primer) yaitu makanan, tempat tinggal, pengeluaran tetap yang diperlukan. Dan budget untuk keinginan kamu (Sekunder, Tersider) yaitu untuk baju, gadget, liburan impian, dll karena kita sejatinya tidak perlu liburan setiap bulan, beli baju dan ganti gadget setiap bulan.

  1. Tabungan Hura-hura

Boleh dong ya, kita menikmati hasil kerja kita yang Istilah kerennya reward your self. Bisa dengan liburan, ganti gadget impian, bikin acara bareng keluarga dan teman. Karena gaji bulanan kita kalua hanya untuk sekedar kebutuhan personal tanpa adanya aktualisasi diri, itu Namanya kita dikerjain sama gaji kita (oops…). Tipsnya adalah dengan menyiapkan tabungan khusus untuk hura-hura yang bisa kamu cairkan jika nominal tabungan atau pencapaian kamu atas suatu hal berhasil. Tabung secara reguler setiap ada sisa dana atau sisihkan dari hasil Investasi kamu. Perhatikan juga biaya admin dan transfernya agar tabungan hura-huramu tidak tergerus.

  1. Pilih Produk keuangan yang tepat

Sudah rajin menabung, sudah tepat cara dan konsistensinya, tapi kenapa uangnya tetap berkurang ya ? Cek jangan-jangan tabungan yang kamu pilih biaya adminnya tinggi dan banyak biaya-biaya tidak kelihatan seperti biaya transfer, transaksi pembelian-pembayaran. Tips dari AturSaja.com agar gaji tidak bocor, pilihlah tabungan rendah biaya, Deposito bunga tinggi dan fleksibel jika kamu memutuskan untuk Investasi, serta Untuk transaksi kebutuhan bulanan, gunakan kartu kredit yang memberikan cashback tinggi (bayar kartu kreditmu secara full payment). Untuk investasi yang lebih tinggi, kamu dapat membaca Perbandingan dan penjelasan Saham dan Reksasana berikut.

  1. Cari diskon dan promo

Di era e-commerce dan banyaknya pilihan produk ini, kamu dapat mengoleksi kupon dan voucher belanja untuk digunakan setiap bulannya. Khususnya untuk pembelian produk kebutuhan dasar seperti sabun, makanan, keperluan rumah tangga lainnya. Kamu dapat mendaftar newsletter untuk website / e-commerce belanja untuk mendapatkan informasi promo, ikut dalam program mystery shopper dan review produk untuk mendapatkan sample produk gratis.

  1. Jeda sebelum membeli

Terkadang pasti ada gadget, tiket liburan, dan barang keinginan yang sulit dihindari yang datang dalam berbagai macam bentuk notifikasi dan penawaran. Agar tidak impulsive dalam berbelanja, jangan langsung membeli namun maksimalkan kotak wishlist atau catat barang tersebut. Tunggu selama seminggu, jika kamu masih ingat dengan barang tersebut dan masih kepikiran, artinya kamu benar-benar membutuhkannya dan bisa membeli setelah seminggu kemudian. Jeda 1 minggu sebelum membeli ini dilakukan agar kamu dapat berfikir lebih jernih dan mengakaji kecukupan uang kamu. Gaji bulanan jadi lebih terkelola dan tidak mudah bocor.

  1. Manfaatkan sisa dana

Jika dalam belanja bulanan dan pengelolaan gaji yang sudah dilakukan sudah sesuai, dan ada sisa dana yang tidak dibelanjakan, maka kamu dapat gunakan untuk disimpan di tabungan hura-hura atau berdana. Jangan langsung dibelanjakan karena akan memancing kebiasaan untuk impulsive spending yang akhirnya dapat bersenggolan dengan anggaran kamu.

man holding brown leather bi fold wallet with money in it
Photo by rawpixel.com on Pexels.com

Jadi sudah tau dong. Cara mengelola gaji bulanan yang dianjurkan Atursaja.com adalah pengelolaan yang irit efektif , bukan pelit. Tidak peduli berapapun gaji kamu, dengan pengelolaan yang tepat dan support emosional dan mental yang baik, maka Gaji kamu akan efektif dan mengantarkan kamu ke kebebasan finansial yang kamu impikan. Selain mengelola gaji yang kamu miliki, mulai juga mencari Bisnis online sampingan dari AturSaja.com untuk meningkatkan pendapatan kamu. Happy managing ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s