17 Ide Bisnis Online yang bisa dimulai sekarang

Cape gak sih dengan kerjaan kantoran yang selalu mewajibkan kita datang tepat waktu dari pagi sampai malam. Lembur, macet dijalan, permintaan aneh-aneh dari boss, dan berbagai drama lainnya yang akhirnya bikin kamu mikir pengen memulai bisnis secara online tanpa takut terikat waktu.

Tapi, apakah bisnis online itu nyata dan menjamin pendapatan untuk kita ? Jangan dipandang sebelah mata, pernah dengar ada yang berpenghasilan hingga 10juta, 15juta juta bahkan 50juta perbulan hanya dengan bisnis online. Walaupun pendapatan tidak selalu teratur, dengan pengelolaan keuangan yang tepat, kamu bisa menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan utama kamu. Hari ini, Atursaja.com akan menjabarkan 17 jenis bisnis atau usaha online yang bisa kamu mulai segera. Jangan lupa setelah menemukan ide usaha, pastikan kamu sudah mengetahui 11 Tips Wirausaha / Entrepreneur sukses

  1. Pembuatan Website

Salah satu bisnis yang sudah jelas nyatanya dimana orang-orang pasti membutuhkan, usaha di Indonesia terus berkembang, kamu dapat menawarkan jawa pembuatan website ini kepada usaha-usaha offline yang membutuhkan. Sadari kadang ada yang pintar usaha dilapangan namun kesulitan menjual usahanya di online. Tidak punya skill membuat website ? tenang, kamu bisa makelarkan ke developer website. 

  1. Desain Grafis

Sudah bukan lagi zamannya menggunakan brosur, spanduk, reklame. Semakin banyak pelaku usaha yang  menggunakan promosi online sebagai cara memasarkan usaha karena jelas lebih murah, mudah diubah dan diedarkan. Kamu bisa memanfaatkan pasar ini jika memiliki hobi atau skill dibidang desain grafis sebagai bisnis kamu.

  1. Menulis

Salah satu bisnis online yang popular saat ini adalah menjadi penulis. Baik menjadi penulis freelance, maupun penulis blog. Jika telaten, menulis artikel, deskripsi, profil perusahaan, dll dapat menghasilkan banyak pundi-pundi uang. Perlu kamu ketahui saat ini di web freelance, 1 artikel 500kata dihargai hingga 300ribu. Bayangkan jika setiap hari kamu menulis 2 artikel saja artinya sebulan sudah menghasilkan 18juta perbulan.

  1. Jasa Editing

Kadang suka lihat artikel, foto, promo, gambar yang kayanya masih bisa kita perbaiki atau diedit menjadi lebih baik ? Ya, artinya kamu bisa menyalurkan itu dengan membuka jasa editing online. Jasa editing luas sekali, bisa foto, bisa review dan edit dokumen, deskripsi produk, dan lain-lain.

  1. Toko Online

Tahun lalu 2018, pada promo harbolnas di salah satu website market place ternama, tercatat sebanyak 25ribu transaksi terjadi dalam 3 jam! Betapa banyak konsumen yang membeli produk secara online saat ini dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Manfaatkan ini sebagai peluang untuk menjual bisnis atau produk buatan kamu. Bisa juga dengan dropship atau menjadi reseller.

  1. Mengajar

Banyak sekali platform saat ini yang menawarkan jasa Pendidikan dengan cara mengajar secara online. Kamu dapat mendaftar menjadi guru dan mulai mencari pelajar maupun mahasiswa yang membutuhkan pengetahuan kamu. Jadikan pengetahuan kamu sebagai bisnis online yang menghasilkan sekaligus membantu mereka yang kesulitan belajar.

  1. Affiliate marketing

Jika kamu memiliki website / sosial media aktif namun tidak memiliki produk yang bisa dijual secara online, kamu dapat menjual produk yang dimiliki oleh orang lain dengan cara affiliate, yaitu dengan menawarkan link produk tersebut di website yang kamu miliki atau melalui sharing sosial media.

  1. Virtual assistant

Banyak sekali pelaku usaha yang memiliki kesulitan menanggani pekerjaan mereka. Entah itu administrative, pelayanan pelanggan, maupun data input. Kamu dapat menawarkan jasa kamu menjadi virtual assistant bagi mereka dan mematok biaya per jam. Karena kamu bisa saja menjadi virtual assistant di beberapa tempat sekaligus jadi penghasilan online kamu pun bisa berlipat.

  1. Jual E-book

Bisnis itu tidak harus melulu di lapangan dan menjual barang berbentuk. Menjual e-book baik yang kamu tulis sendiri maupun menjual milik orang lain, dapat menjadi pilihan bisnis online kamu. Karena orang terus membutuhkan pengetahuan dan informasi. Komisi dan hasil penjualan e-book akan berlipat dengan menggencarkan penawaran secara online.

  1. Menulis Blog

Punya banyak ide dan cerita yang ingin kamu bagikan secara personal ? atau ingin membangun website yang berisi informasi-informasi dan tulisan kamu ? Coba untuk mulai membuat blog dan menuangkan semua isi pikiran dan karya kamu. Jangan meremehkan profesi ini. Dengan rutin memposting dan melakukan monetisasi online, kamu dapat menyamai mereka-mereka yang bekerja secara offline.

beverage black coffee business chart
Photo by Negative Space on Pexels.com
  1. Agen Iklan

Ingat tahun 90an dan awal 2000an, dimana iklan-iklan terutama property, lowongan kerja, komoditas dll banyak berjejer di koran ? Sekarang semua berangsur pindah ke online. Namun banyak pelaku bisnis yang tidak tau cara melakukannya dan dimana harus mengiklankannya. Kamu bisa membuka agen online yang menawarkan iklan-iklan di website, email-sms marketing dan sosial media bagi mereka.

  1. Sosial media admin

Pentingnya sosial media sebagai reputasi dan titik temu antara pelaku bisnis dan konsumen menjadikan sosial media admin sebagai profesi yang cukup diminati. Bayangkan jika kamu dibayar 3 juta untuk lima perusahaan skala kecil, maka pendapatan perbulan kamu sudah mencapai 15 juta perbulan!

  1. Konsultan

Punya pengetahuan dan pengalaman dibidang bisnis ? atau bidang spesifik lainnya ? Jangan sia-siakan! Tawarkan jasa konsultasi bagi mereka yang masih memulai dan membutuhkan bimbingan. Kamu bisa menjadikan profesi konsultan online sebagai bisnis online kamu dan mulai menjaring banyak perusahaan maupun perorangan yang membutuhkan jasa konsultasi. Ajari klienmu untuk memahami 11 Tips Wirausaha / Entrepreneur sukses

  1. Fotografi

Kamu punya hobi fotografi dan suka travel ? jangan biarkan foto-foto kamu tersimpan. Banyak website-website yang bisa kamu gunakan sebagai platform untuk menjual foto-foto kamu. Royalti yang kamu dapatkan secara online dapat meningkat dari waktu kewaktu jika terbukti kualitas fotografi / hasil foto kamu bagus.

  1. Podcasting

Siapa bilang penyiar radio saja yang bisa menjual ide dan karya melalui suara. Masih sedikit sekali platform, website, sosial media penyiaran / podcaster online yang menekuni, padahal jika konten yang kita sampaikan berkualitas dan enak didengar, maka dapat menjadi media periklanan dan sponsorship yang akhirnya menghasilkan uang bagi kamu / sebagai bisnis online. 

  1. Selebgram

Istilah ini mulai beken di tahun 2012 ketika sosial media sedang banyak digandrungi oleh semua segmen. Selebgram atau social media influencer semaking berkembang hingga saat ini karena pengguna sosial media butuh suara, review produk dan pendapat lebih dari orang-orang yang menekuni profesi selebgram ini.  Tapi hati-hati, tetap jaga privasi dan pengeluaran Pribadi kamu karena berprofesi selebgram terkadang mewajibkan kamu memiliki atau melakukan sesuatu terlebih dahulu agar dikenal.

  1. Review Produk

Makin banyaknya produk yang dijual secara offline maupun online menjadikan para konsumen kebingungan dalam memilih produk yang sesuai dan menguntungkan. Nah, kamu bisa melakukan review produk secara online bagi mereka sebagai panduan. Timbal baliknya, bukan tidak mungkin uang periklanan saja yang kamu dapatkan tapi juga sponsorship perusahaan dan sampel produk gratis untuk kamu coba secara reguler. 

Tapi ingat, kamu tetap harus Pintar mengelola gaji/penghasilan kamu agar bisnis online yang kamu jalankan tetap teratur dan sesuai anggaran.

man using laptop on table against white background
Photo by Pixabay on Pexels.com

Jadi, sudah menemukan bisnis online mana yang sesuai untuk kamu ? Semua yang sudah dijabarkan oleh Atursaja.com diatas sangat mungkin menghasilkan uang.

Yang kamu perlukan hanya menemukan yang kamu suka, internet, dan konsistensi dalam menjalankan bisnis online tersebut. So, selamat berbisnis! Setelah mulai mendapatkan pundi-pundi rupiah, jangan lupa untuk mulai berinvestasi juga di Investasi terbaik untuk pendapatan pasif berikut

One thought on “17 Ide Bisnis Online yang bisa dimulai sekarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s