10 Investasi Terbaik 2019

Pendapatan pasif  dan peluang investasi semakin dicari dari tahun ke tahun!  Memasuki tahun 2019 ini, semakin banyak Investasi 2019 terbaik yang dicari untuk mendapatkan pundi-pundi tambahan. Berbeda dengan pendapatan aktif yang biasanya kamu dapatkan dari pekerjaan langsung seperti menjadi karyawan, penjual, pebisnis lapangan dan profesi. Pendapatan pasif hanya bisa didapatkan dari Investasi dan akan terus menghasilkan uang walaupun tanpa kehadiran dan peran aktif kita.

Dengan adanya Investasi dan pendapatan pasif, akan mempermudah kamu untuk merencanakan keperluan masa depan seperti pensiun, beli rumah, serta antisipasi jika bisnis utama atau pekerjaan kamu harus ditinggalkan. Investasi ini akan terus menghasilkan uang untuk anda tanpa bekerja. Di post kali ini Atursaja.com menyajikan 10 Investasi terbaik 2019 yang patut kamu lirik mengembangkan pendapatan pasif kamu. Kamu bisa cek juga 5 Hal penting yang harus kamu ketahui sebelum mulai investasi

1.Tabungan bunga tinggi

Berbeda dengan tabungan biasa yang kita gunakan untuk menyimpan uang atau bertransaksi, tabungan biasa tersebut hanya memberikan bunga 1-2% per tahun. Kamu bisa memilih tabungan berbunga tinggi atau tabungan suku bunga premium yang biasanya berupa tabungan berjangka atau berkala. Biasanya tingkat bunganya dapat mencapai 5% s/d 6% pertahun, hamper menyamai suku bunga deposito namun lebih fleksibel dan mudah dicairkan jika sewaktu-waktu kamu ingin melakukan penarikan dana atau tabungan.

2. Deposito

Deposito adalah surat tanda hutang yang diberikan oleh bank ke kamu sebagai tanda Investasi kamu di bank. Dan sebagai timbal balik, Bank akan memberikan pengembalian bunga secara berkala tergantung komitmen penempatan (nilai uang yang kamu tabung) dan jangka waktu (dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 1 tahun). Sedikit berbeda dengan Tabungan bunga tinggi, Deposito memberikan bunga hingga 6.75% dan bahkan saat ini mencapai 7% pertahun. Namun ada minimum tabungan atau penempatan dana yang umumnya 5Juta serta minimum jangka waktu penempatan yaitu 1 bulan. Jika kamu mencairkan sebelum jatuh tempo komitmen waktu penempatan, maka aka nada biaya pencairan yang dikenakan bank. Merupakan Investasi 2019 yang terbaik yang bisa kamu ambil sebagai dana darurat.

3. Obligasi

Konsepnya hampir sama dengan deposito, namun Obligasi dikeluarkan oleh pemerintah. Namanya ORI (Obligasi Ritel Indonesia) atau Sukuk (Obligasi berbasis Syariah). Kalau Deposito adalah bank berhutang ke kamu, maka konsepnya di Obligasi adalah Pemerintah berhutang ke kamu. Obligasi biasanya dijual melalui Bank dan dikeluarkan dengan nilai terbatas jadi kamu harus pintar-pintar memantau berita dan informasi Obligasi yang akan dikeluarkan pemerintah. Bunganya biasanya kita sebut dengan istilah kupon biasanya berkisar 8-10% pertahun dengan minimum pembelian 1 s/d 10juta. Jangka waktunya lebih Panjang dan tetap bisa kamu perjualbelikan.

4. Saham

Nah, berbeda dengan beberapa Investasi 2019 diatas, Saham adalah bukti kepemilikan kita terhadap perusahaan yang terdaftar di bursa efek. Artinya kamu membeli sebagian kecil kepemilikan dari perusahaan dari industry pilihan dengan harapan dapat kamu jual kembali dengan nilai lebih tinggi serta mengharapkan adanya dividen tahunan (bunga pengembalian pertahun dari kinerja perusahaan). Banyak industry bisa dipilih misal FMCG, Infrastruktur, Perdagangan, Perbankan dan lainnya dengan kode saham yang berbeda-beda seperti UNVR (Unilever), BBRI (Bank BRI), TLKM (Telkom).

Ada yang menggunakan saham untuk Trading atau jual beli jangka pendek yang biasanya menghasilkan 15 s/d 20% pertahun dengan risiko rugi yang juga besar. Karena tujuannya untuk Investasi maka Atursaja.com menganjurkan kamu memilih perusahaan berkinerja bagus untuk Investasi jangka Panjang / ditabung sahamnya karena jika perusahaannya tepat bisa mencapai pertumbuhan >20% pertahun. Cara Investasi saham cukup kunjungi gerai / kontak saja perusahaan sekuritas atau bank yang menyediakan tabungan RDI atau Rekening Dana Investasi.

5. Reksadana

Kalau sudah kenal Deposito, Obligasi, Saham, Maka Reksadana adalah kombinasi dari Investasi-investasi diatas dan dijual oleh perusahaan manajemen Investasi atau dapat juga dibeli melalui Bank yang bekerjasama. Reksadana dapat kamu pilih jika tidak mau pusing atau ribet mengelola dana Investasi karena ada Manajer Investasi yang akan mengukur kecenderungan risiko kita dan memberikan anjuran portfolio (Kombinasi Investasi yang tepat mencakup Pasar uang / Pendapatan tetap, Campuran, Saham). Sistem autodebet / pendebitan otomatis bulanan juga akan membantu kamu konsisten untuk menabung mulai dari 100ribu perbulan. Rata-rata reksadana dapat memberikan timbal balik bunga hingga 12% pertahun. Masih bingung menentukan ? cek bahasan Perbandingan Saham Vs Reksadana, mana yang lebih baik.

6. Emas

Emas semakin digandrungi  karena untuk jangka Panjang terbukti dapat memberikan pendapatan hingga 20% pertahun. Biasanya Ibu dan Ayah kita sudah familiar dengan pilihan Investasi ini. Namun harus kemu perhatikan juga penyimpanannya karena jika tidak benar atau penyok, maka nilai emas kamu dapat berkurang. Untuk membeli emas kamu dapat akses produsen sekaligus penjual tersertifikasi yaitu Antam, atau melalui tabungan emas yang umumnya ada di Bank-bank. Bisa juga pembeliannya dengan sistem cicilan Emas. Dengan pembelian dan penyimpanan yang tepat, Investasi emas ini akan menjadi sumber penghasilan pasif terbaik untuk kamu.

Photo by Pavel Kunitsky on Pexels.com

7. Bisnis

Bukan rahasia lagi, Investasi terbaik 2019 salah satunya adalah menjadi investor Bisnis. Artinya kamu tidak menjalankan langsung usaha tersebut namun mengucurkan atau menginvestasikan sebagian atau seluruh dana kamu pada bisnis orang lain atau rekan kerja. Biasanya dana digunakan untuk membangun bisnis atau usaha baru, maupun sebagai modal kerja untuk bisnis yang telah berjalan. Pengembalian atau profit bisnis pun bisa mulai dari 10% hingga mencapai tidak terbatas tergantung dari skala Investasi dan uniknya bisnis yang dijalankan. Dianjurkan untuk melakukan survey pasar, audit laporan keuangan, sistem kerja dan melakukan background checking serta menilai asset atau angunan terlebih dahulu sebelum melakukan Investasi bisnis agar kinerja dapat berjalan baik dan dimonitor. Jika kamu tertarik berbisnis online, kamu bisa cek Ide bisnis online terbaik yang bisa kamu mulai saat ini juga

8. Waralaba

Sama dengan Investasi Bisnis, namun pada model franchise / waralaba, kamu membeli lisensi atau sistem bisnis yang telah terbukti berjalan baik. Dengan waralaba lisensi atau sistem bisnis yang kamu beli sudah tercatat secara hukum dan didukung dengan pelatihan yang baik bagi sumber daya manusianya sehingga lebih mudah dijalankan dan tidak serentan bisnis yang bukan waralaba. Untuk mulai waralaba pun sekarang cukup dengan modal minimum 5-10juta sudah bisa berupa stand minuman atau makanan ringan. Yang harus kamu pastikan hanya perusahaan waralaba tersebut sudah berjalan cukup lama dengan sistem yang terbukti bagus. Jika tepat, maka kamu bisa menghasilkan profit sama seperti Investasi bisnis yaitu 10% hingga mencapai tidak terbatas tergantung dari skala Investasi dan uniknya waralaba.

9. Tanah & Property

Ingat nasihat dari orang tua dan agent-agent property yang sering kamu temui ? Investasi di Tanah dan rumah, harganya tidak pernah turun!. Faktanya tidak selalu begitu, ingat dengan bubble economy 2008 yang membuat semua harga meningkat termasuk harga rumah dan fasilitasi kredit hingga akhirnya harga property dan tanah turun habis-habisan. Bukan berarti Investasi tanah dan property itu buruk. Dengan pilihan tanah, rumah, villa, kost-kosan di area strategis, kondisi asset yang baik, maka dapat menjadi salah satu Investasi 2019 pilihan terbaik yang akan mendatangkan potensi pendapatan hingga >20% harga tanah / property per tahun atas sewa atau jual yang dilakukan.

10. Fintech

Di era teknologi ini, banyak fintech-fintech (Financial Technology) bermunculan terutama yang menawarkan pinjaman / kredit kepada masyarakat, sekaligus menghimpun dana dari pengguna untuk diputar kembali di kredit. Sebutlah fintech dengan jenis crowdfunding / P2P di tanah air seperti Modalku, Koinworks, Amartha, Investree, Akseleran, dll. Atursaja.com sudah mencoba beberapa juga dan terbukti memberikan return 12-21% bunga pertahun. Kamu dapat mencobanya juga sebagai salah satu alternatif Investasi. Namun tetap perhatikan harus fintech yang telah diawasi oleh Otoritas jasa keuangan, serta dalam pendanaannya pilih selalu usaha atau perorangan dengan laporan dan track record yang baik.

group of friends hanging out
Photo by Helena Lopes on Pexels.com

Itulah tadi 10 Investasi terbaik 2019 di Indonesia yang dapat kamu pilih sebagai sumber pendapatan pasif. Ingat bahwa konsep High risk, High return berlaku. Selalu nilai kapasitas Investasi yang kita miliki terlebih dahulu dari segi dana, pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan menanggung resiko. Agar kontrol atas Investasi dan pengembalian dana atau bunga akan maksimal kita terima. Jangan lupa siapkan juga untuk dana pensiun dengan mengikuti 5 Tips untuk perencanaan pensiun
barikut dengan Tips pengelolaan keuangan agar tidak bocor

Selamat berinvestasi!

One thought on “10 Investasi Terbaik 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s